Ketentuan Karantina dan Pelatihan Finalis Pangeran & Puteri Lingkungan Hidup 2016

SURABAYA – Karantina dan pelatihan finalis Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2016 akan dilaksanakan Rabu, 18 Mei sampai Jumat, 20 Mei 2016. Kegiatan yang dijadwalkan menginap selama dua malam dalam tenda itu akan dilaksanakan di Taman Flora Bratang Surabaya. 

Finalis Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2016 saat melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengolahan Air Minum PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Selasa (17/5)

Finalis Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2016 saat melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengolahan Air Minum PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Selasa (17/5) bersama Eco Mobile PJB

Seluruh finalis diminta untuk sudah berada di lokasi pukul 08.00 WIB. “Masing-masing finalis diminta sudah sarapan pagi di rumah masing-masing agar perut tidak kosong. Sebab, sesi pagi hari karantina ini akan berupa kegiatan yang menguras tenaga,” kata Sugeng, aktivis senior Tunas Hijau.

Selama mengikuti karantina dan pelatihan finalis di Taman Flora Bratang ini, para finalis dilarang didampingi guru atau keluarganya. Kunjungan hanya bisa dilakukan pada saat jam istirahat malam pada pukul 18.00 – 19.00 WIB. “Kunjungan dan interaksi dengan finalis selain jam kunjungan itu bisa menyebabkan pengurangan nilai finalis yang bersangkutan,” ujar Aktivis Senior Tunas Hijau Bram Azzaino.

Bercermin pada pelaksanaan karantina dan pelatihan finalis pangeran dan puteri lingkungan hidup tahun-tahun sebelumnya, Tunas Hijau menyarankan agar keluarga yang akan berkunjung menghindari makanan dan minuman dengan kemasan non organik sekali pakai. “Tujuannya adalah mengurangi sampah non organik yang dihasilkan. Sebab, lingkungan hidup harus menjadi gaya hidup,” tambah Aktivis Senior Tunas Hijau Mochamad Zamroni.

Untuk aktivitas pagi, seluruh finalis diminta mengenakan kaos olah raga sekolah sekolah. Berikut ini adalah perlengkapan yang harus dibawa oleh masing-masing finalis Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2016 pada karantina dan pelatihan lingkungan hidup 3 hari di Taman Flora Bratang:

  1. Kaos olah raga sekolah dan sepatu langsung dipakai pada pembukaan
  2. Baju bebas secukupnya
  3. Jas hujan
  4. Alas tidur
  5. Kamera digital
  6. Perlengkapan mandi
  7. Alat makan dan minum yang bisa digunakan berulang kali
  8. Alat tulis menulis
  9. Lotion anti nyamuk
  10. Obat-obatan pribadi
  11. Perlengkapan ibadah

Tunas Hijau mengingatkan bahwa barang-barang yang dibawa peserta menjadi tanggung jawab masing-masing peserta. Barang-barang berharga seperti kamera digital sebaiknya tidak dipindah-tangankan atau tidak dipinjamkan kepada orang lain. (ron)