Lomba Poster Peduli Air Bagi Siswa SD pada Jambore Air 2013

Tunas Hijau bersama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya menyelenggarakan Lomba Poster bertema Peduli Air bagi siswa Sekolah Dasar. Lomba Poster ini merupakan salah satu kegiatan lingkungan hidup yang digelar pada Jambore Air bersama Paguyuban Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup di Taman Kebun Bibit Wonorejo Surabaya, Jalan Raya Wonorejo, Sabtu 13 April 2013. 

Lomba Poster Peduli Air bagi siswa Sekolah Dasar diselenggarakan pada Jambore Air 2013

Lomba Poster Peduli Air bagi siswa Sekolah Dasar diselenggarakan pada Jambore Air 2013

Lomba Poster Peduli Air ini diselenggarakan dalam rangka Hari Bumi dan Tahun Internasional Kerjasama Air 2013. Lomba poster ini terbuka bagi siswa sekolah dasar dari mana saja. “Pesertanya adalah individu, bukan kelompok, yang mendapatkan ijin atau rekomendasi dari sekolahnya. Pendaftaran peserta gratis dan tiap sekolah bisa mengirimkan lebih dari satu orang peserta,” ujar M. Abdul Rafi, anggota Young Eco People Tunas Hijau dan ketua panitia lomba poster ini.

Ditambahkan Rafi bahwa poster yang dibuat atau dilombakan berukuran A3. “Semua pengerjaan poster dilakukan di lokasi kegiatan lomba. Peserta dilarang membawa sendiri kertas gambar dari rumah atau dari sekolah karena semua kertas gambar akan disediakan oleh panitia dan diberi cap khusus,” kata Abdul Rafi yang juga siswa SMA Negeri 9 Surabaya.

Peralatan lainnya yang dibutuhkan saat lomba (selain kertas gambar) disediakan sendiri oleh masing-masing peserta. “Peralatan tersebut seperti meja dan kursi gambar, pensil, pensil warna dan lainnya. Sedangkan waktu pengerjaan poster adalah maksimal 2,5 jam,” ujar Abdul Rafi.

Dijelaskan oleh Rafi, bahwa semua karya poster peserta lomba akan menjadi milik panitia dan akan digunakan untuk kampanye lingkungan hidup. “Kami akan tetap mencantumkan nama identitas pembuat poster bila posternya kami gunakan untuk kampanye lingkungan hidup yang digelar oleh Tunas Hijau,” jelas Abdul Rafi.

Sangat mungkin poster terbaik akan dicetak dalam jumlah banyak untuk digunakan sebagai media kampanye kepada masyarakat dan sekolah-sekolah secara luas. “Ini akan kami lakukan pasca lomba poster. Cara ini cukup efektif untuk menyampaikan pesan peduli energi kepada masyarakat luas tanpa kita harus berada di lokasi itu. Sangat mungkin pula poster-poster yang layak akan kami cetak dalam bentuk stiker dan didistribusikan gratis kepada masyarakat,” tambah aktivis senior Tunas Hijau Mochamad Zamroni.

Tentang hadiah lomba, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya akan menyediakan hadiah yang sangat menggiurkan. “Juara I lomba ini akan mendapatkan tropi + piagam Walikota Surabaya dan uang tunai sejumlah Rp. 1.000.000. Juara II lomba ini akan mendapatkan tropi + piagam Walikota Surabaya dan uang tunai sejumlah Rp. 750.000,” kata Zamroni.

Bagi juara III akan mendapatkan tropi + piagam Walikota Surabaya dan uang tunai sejumlah Rp. 500.000. Sedangkan harapan I akan mendapatkan tropi, piagam dan uang tunai Rp. 250.000,” ujar Mochamad Zamroni.

Pendaftaran peserta bisa dilakukan paling lambat Sabtu, 6 April 2013. Pendaftaran bisa melalui fax/telpon: 031-5936994, email: info@tunashijau.org, atau HP 08121701805. Siswa dari sekolah manapun bisa mengikuti lomba ini.

Ketentuan Lomba Poster:

  1. Peserta lomba poster adalah perorangan siswa Sekolah Dasar;
  2. Lomba dilaksanakan pada Sabtu, 13 April 2013 di Taman Kebun Bibit Wonorejo, Jalan Raya Wonorejo Surabaya;
  3. Durasi waktu pengerjaan poster maksimal 2,5 jam;
  4. Peserta diminta menyediakan alat gambar sendiri;
  5. Kertas gambar ukuran A3 disediakan panitia;
  6. Tema poster adalah Peduli Air;
  7. Semua pengerjaan dilaksanakan di lokasi lomba dan belum pernah dipublikasikan;
  8. Komposisi poster terdiri dari gambar dan tulisan;
  9. Pesan berisi ajakan peduli air dan tidak melecehkan SARA (suku, ras dan agama);
  10. Acara dimulai pukul 07.00. Tidak ada tambahan waktu bagi peserta yang terlambat datang;
  11. Peserta datang selambat-lambatnya 15 menit sebelum lomba dimulai untuk registrasi dan persiapan lomba;
  12. Pemenang lomba akan diumumkan pada hari yang sama pada pukul 15.00 WIB atau dapat dilihat pada pengumuman melalui website: www.tunashijau.org, dan halaman facebook: Tunas Hijau Indonesia atau twitter: @TunasHijauID
  13. Hasil karya akan menjadi milik Tunas Hijau Indonesia dan akan digunakan untuk keperluan pameran dan kampanye lingkungan hidup dengan tetap mencantumkan nama pembuatnya;
  14. Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.

Hadiah Lomba Poster Air adalah sebagai berikut:

Juara I       Tropi + piagam Walikota Surabaya dan uang pembinaan Rp. 1.000.000,-

Juara II      Tropi + piagam Walikota Surabaya dan uang pembinaan Rp.    750.000,-

Juara III     Tropi + piagam Walikota Surabaya dan uang pembinaan Rp.    500.000,-

Harapan   Tropi + piagam Walikota Surabaya dan uang pembinaan Rp.    250.000,-